Rabu, 11 Maret 2009

Saphir Square



Saphir Square adalah salah satu pusat perbelanjaan yang terdapat di Jogjakarta tepatnya di jalan Solo. bangunan yang terlihat megah dan unik ini mulai melejit setelah diadaknnya Ice Land yaitu dunia es buatan dan harga-harga promo lainnya.

Tetapi dapat kita lihat bulan-bulan kedepannya Saphir Square ini pengunjungnya tidak begitu ramai. Pengunjung sekarang biasanya mengunjungi swalayannya itu saja tidak terlalu banyak pengunjungnya. Dan lagi yang mengunjungi tempat permainan bowlingnya atau ice-skating. Selain itu saya lihat sepi di sepanjang jalannya.

Yang saya lihat di sana adalah stand-stand toko yang bagi saya termasuk kecil karena kebanyakan berukuran sekitar 3x3 meter saja. kok saya pikir hampir mirip dengan Pasar Beringharjo saja. Malah pasar Beringharjo ini lebih ramai pengunjung. Karena memang salah satu tujuan wisatawan baik domestik maupun manca. Selain itu harganya jauh lebih murah. Bedanya ya saphir Square ini lebih eksklusif dengan ACnya dan penjual yang tampangnya juga lumayan. Beruntung di bagian depan ada restoran KFC yang akan menambah daya tarik pengunjung. Karena selama beberapa kali ke sana saya benar-benar heran karena Saphir Square ini betul-betul sepi pengunjung kecuali saat ada event-event tertentu.

Menurut ku sih, jika tata letak stand dalamnya lebih dimodifikasi dengan berdasarkan prinsip marketing atau fungsi tertentu sehingga pelanggan lebih tertarik untuk berkunjung ke setiap stand yang ada. Perlu juga ditambahkan adanya improvisasi ruang, misalnya adanya penambahan ruang untuk hiburan tertentu.


Karena ini akan sangat tidak menguntungkan, lihat saja beberapa km kemudian kita bisa menemukan tempat yang jauh lebih baik yaitu Ambarukmo Plaza. Bukannya saya menjelek-jelekkan tetapi hal itu orang biasa saja bisa melihatnya dengan melihat perbedaan yang kontras oleh banyaknya pengunjung yang ada. Ambarukmo Plaza mungkin mempuyai suatu sistem atau siasat tertentu demi menarik minat pelanggan seperti penawaran mulai dari kebutuhan sehari hari yang serba komplit sampai dengan hiburan contohnya saja yang paling banyak digandrungi kaum muda adalah nonton bioskop atau hangout di suatu foodcourt. Hal ini juga bisa kita temukan di Galeria. Tetapi saya belum menemukan tempat untuk hangout para kaum muda. Padahal muda-mudi ini adalah konsumen paling banyak.

Managemen Saphir Square mungkin perlu untuk merenungkan hal-hal tersebut di atas. Agar saphir Square tetap bertahan untuk tahun-tahun kedepannya. kerena tidak menutup kemungkinan dimangunnya lagi suatu Mega Mall yang lebih megah dan menjanjikan lagi.

0 komentar: